[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , , , , » Tari Topeng Losari Salah Satu Tarian Tradisional dari Cirebon Plus Video Tarian

Tari Topeng Losari Salah Satu Tarian Tradisional dari Cirebon Plus Video Tarian

Written By Tebe Sun on January 21, 2017 | January 21, 2017

Tari Topeng Losari dari Cirebon
Walau dikepung oleh berbagai tari modern yang sekarang mewabah, tarian tradisional tetap lestari seperti cotohnya Tari Topeng Losari yang berasal dari Cirebon. Memang tarian ini asi dari Cirebon tetapi tari ini berbeda dengan tarian topeng lainnya yang ada di Wilayah Cirebon. Apalagi berkat tangan penerusnya Nur Anani M. Imran (sebagai dalang dari Tari Topeng Losari, pewaris tari topeng Losari generasi ketujuh), maka tarian ini semakin melanglang buana hingga ke 20an negara.

Perbedaan yang menonjol dari Tari Topeng Losari yaitu pada gerakan Galeyong dan Gantung Sikil. Galeyong yaitu gerakan memutar badan ke belakang hingga nyaris seperti posisi kayang. Sedangkan Gantung Sikil yaitu menari dalam posisi berdiri sambil mengangkat satu kaki. Gantung Sikil dilakukan bisa sampai kurang lebih dari10 menit.

Setiap hendak menari, para penari duduk menghadap kotak tempat menyimpan topeng. Mereka nyambat, atau berdoa agar tari yang akan dilakukan berjalan dengan lancar. Doa ini selalu dilakukan setiap akan mulai dan setelah selesai menari.

Ciri khas lain dari tari topeng Losari adalah adanya lakonan. Lakonan adalah tarian yang mengandung cerita. Tari topeng Losari mengambil lakonannya dari cerita Panji Sutrawinangun. Semua tokoh yang mainkan adalah tokoh lelaki, kecuali Dewi Candra Kirana. Itulah kenapa, gerakan yang ada dalam tari topeng ini sangat gagah.

Topeng yang dikenakan penari topeng babakan Losari biasa disebut kedok. Kedok dibuat dari kayu jaran. Umurnya sudah ratusan tahun. Topeng ini diwariskan secara turun-temurun. Uniknya, topeng Losari tidak memiliki lubang sama sekali. Tidak ada lubang hidung, juga tidak ada lubang mata. Hampir tak ada celah untuk bernafas.

Perlu nafas yang terlatih untuk menari sambil mengenakan topeng tanpa ventilasi ini.
Apalagi, mulut penari digunakan untuk menggigit topeng agar menempel di wajah, karena topeng ini tidak dipasang menggunakan tali. Bisa dibayangkan betapa pengap dan gelap gulitanya mengenakan topeng ini.

Meskipun begitu, para penarinya sanggup menari hingga berjam-jam lamanya. Selain itu, penari topeng ini dapat bergerak di atas panggung tanpa kesulitan meskipun tidak dapat melihat apa-apa. Bahkan, gerakannya tampak semakin bertenaga.

"Saat menari, kita seperti mendapat tambahan tenaga" tutur Kak Nur 'Anani. Kak Nani, begitu ia biasa dipanggil.

Penari topeng Losari banyak memunggungi penonton selama pertunjukan. Bahkan, saat menari, mata penari tidak menatap ke penonton. Penari berkonsentrasi ke dalam dirinya sendiri. Dia benar-benar memperhatikan tetabuhan dan gerak tarinya. Seakan-akan, ada kekuatan yang ikut menuntun gerakannya.

Bukan hanya gerakan tari topeng Losari yang berbeda dari gaya tari topeng Cirebon lainnya. Bahkan sejarah, kostum, dan dekorasinya pun berbeda. Dekorasi pementasan tari topeng Losari selalu menampilkan ruwatan. Yakni menggantung aneka hasil bumi di panggung pementasan. Letaknya bisa di atas para nayaga, atau, jika memungkinkan, di gantung di sekeliling panggung.

Demo Video Tari Topeng Losari.

Demikian saya sampaikan tentang Tari Topeng Losari Salah Satu Tarian Tradisional dari Cirebon Plus Video Tarian. Tarian ini salah satu warisan budaya Bangsa Indonesia yang perlu kita lestarikan. Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...