[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , , , , » Tari Gambyong dan Alat Musik Tradisional dari Yogyakarta (DIY) Plus Video Tarian

Tari Gambyong dan Alat Musik Tradisional dari Yogyakarta (DIY) Plus Video Tarian

Written By Tebe Sun on November 2, 2016 | November 02, 2016

Dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), saya sampaikan tarian khas Jawa Tengah yaitu Tari Gambyong dengan iringan alat musik Rebab sebagaimana digunakan juga sebagai pengiring tarian dari daerah Jawa Barat terutama seni Wayang Golek.

Tarian Daerah

Tari Gambyong

Tari Gambyong merupakan tarian tradisional khas Jawa Tengah yang telah ada sejak dulu. Konon, Tari Gambyong tercipta dari nama Gambyong, seorang penari yang hidup pada zaman Kesunanan Surakarta berada di bawah pemerintahan Sinuhun Paku Buwono keenam sekitar tahun 1800-an. Di Surakarta, Gambyong dikenal sebagai sosok wanita yang cantik jelita.

Begitu cantiknya paras Gambyong, nama sang penari itu terkenal hingga ke lingkungan Kesunanan Surakarta. Atas permintaan Sinuhun Paku Buwono keenam, Gambyong ketika itu pernah mengadakan pertunjukan di lingkungan Kesunanan Surakarta. Sejak saat itulah, tarian yang dimainkan oleh Gambyong itu dikenal dengan nama Tari Gambyong.

Awalnya, Tari Gambyong hanya dimainkan di lingkungan Kesunanan Surakarta sebagai pertunjukan hiburan bagi Sinuhun Paku Buwono keenam dan tari penyambutan ketika ada tamu kehormatan berkunjung ke Kesunanan Surakarta.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, tarian ini juga dimainkan sebagai hiburan pertunjukan bagi masyarakat luas. Biasanya, tari Gambyong dimainkan ketika warga Jawa Tengah menyelenggarakan pesta pernikahan adat. Sebagai promosi budaya Jawa Tengah, Gambyong juga seringkali dimainkan di beberapa daerah selain Surakarta, seperti di Jakarta dan lain-lain.

Seperangkat gamelan Jawa yang terdiri dari gong, gambang, kendang, serta kenong menjadi musik pengiring pertunjukan Tari Gambyong. Dari sekian banyak alat musik, yang dianggap sebagai otot tarian Gambyong yakni Kendang. Karena selama pertunjukan berlangsung, Kendang itu yang menuntun penari Gambyong untuk menari mengikuti lantunan tembang atau lagu berbahasa Jawa. 

Gerakan para penari wanita yang lemah gemulai menjadi ciri khas dari Tari Gambyong yang konon, gemulai gerak dari tarian itu menunjukkan sikap dan watak para wanita Jawa Tengah yang identik dengan lemah gemulai. Kesan tersendiri juga dapat anda temukan ketika penari Gambyong menampilkan perpaduan gerak tangan dan kaki sambil memainkan sehelai kain selendang yang dikalungkan di leher. 

Gambaran kelembutan sikap dan watak wanita Jawa Tengah tidak hanya terlihat dari gerak tariannya, melainkan juga dari tata rias penarinya. Selama pertunjukan berlangsung, penari Gambyong mengenakan pakaian khas penari wanita Jawa Tengah yakni kain kemben dengan bagian bahu terbuka sebagai atasan dan kain panjang bermotif batik sebagai bawahan. Dalam pertunjukan Gambyong, penampilan penari Gambyong juga dinilai memiliki peran penting. Konon, semakin cantik paras penarinya, keistimewaan dari pertunjukan Gambyong dapat diperoleh.


Tari Gambyong - DIY

Alat Musik Tradisional 

Rebab

Termasuk salah satu alat musik yang berasal dari Arab atau wilayah Timur Tengah adalah Rebab. Sebuah alat musik tradisional yang mirip dengan gitar yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Masuknya alat musik Rebab ini ke Indonesia di bawa oleh para pedagang dari Arab yang kemudian melakukan perdagangan di beberapa wilayah di Jawa dan Sumatera. Dan alat musik ini juga termasuk menjadi salah satu alat musik tradisional Yogyakarta.

Itulah penjelasan dari ketiga macam alat musik tradisional yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun salah satunya menurut sejarah tidak asli berasal dari Indonesia, namun alat musik tersebut turut menjadi kekayaan seni dan budaya dari nusantara.


Alat Musik Rebab - DIY


Demikian sedikit penjelasan mengenai Tari Gambyong dan Alat Musik Tradisional dari Yogyakarta (DIY) Plus Video Tarian. Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...