[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , , , » Tari Campak dan Alat Musik Tradisional dari Bangka Belitung

Tari Campak dan Alat Musik Tradisional dari Bangka Belitung

Written By Tebe Sun on November 2, 2016 | November 02, 2016

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau disingkat Babel merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan. Mereka mempunyai tarian tradisional daerah yaitu Tari Campak dan Dambus sebagai alat musik pengiring tarian. Mari kita simak bagaimana tarian tersebut dimainkan bersama alat musiknya.

Tarian Daerah

Tari Campak

Tari Campak merupakan tarian dari daerah Bangka-Belitung yang menggambarkan keceriaan bujang dan dayang di Kepulauan Bangka Belitung. Tarian ini biasanya dibawakan setelah panen padi atau sepulang dari ume (kebun). Tarian ini berupa pantun bersambut yang biasanya didendangkan oleh sepasang penari yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, dengan irama yang khas. Mereka menari diiringi tabuhan gendang, biola dan gong yang ditabuh secara berkala.

Para penari menggunakan selembar saputangan yang dikibas-kibaskan mengiringi lenggok gemulai sang penari. Pada saat tarian ini berlangsung biasanya penonton bebas memberi sawer kepada “nduk campak” sebutan bagi penari perempuan pada tarian ini. Sedangkan penari laki-laki disebut “penandak”.


Tari Campak - Bangka Belitung

[Baca Juga: 
Beberapa Jenis Tarian dari Sumatera Plus Video Tarian
Beberapa Jenis Alat Musik Tradisional dari Sumatera]

Alat Musik Tradisional

Dambus 

Musik bangka tradisional sangat kental sekali dengan budaya melayu nya. Salah satu alat musik kebanggaan daerah bangka adalah Dambus. Dambus adalah semacam alat seperti gitar tapi memiliki karakteristik dan bunyi yang berbeda dengan gitar masa kini. Dambus biasanya dipakai untuk mengiringi acara-acara adat, tari-tarian, atau acara lainnya. Dambus sebenarnya juga merupakan alat musik daerah-daerah melayu dan timur tengah menurut sejarah, namun dalam perkembangan nya ada yang membedakan dambus bangka dengan yang lainnya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman jumlah senar pada Dambus ada yang empat dan ada yang enam. Alat musik Dambus biasanya dipakai dalam setiap alat musik tradisional Melayu yang bernuansa penyambutan, penghomatan, peringatan, perayaan, syukuran, maupun acara keagamaan. Alat musik Dambus juga biasanya dipakai untuk mengiringi tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian khas Bangka Belitung, seperti tarian dan nyanyian Serumpun Sebalai.


Alat Musik Dambus

Demikian saya sampaikan sedikit ulasan tentang Tari Campak dan Alat Musik Tradisional dari Bangka Belitung. Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...