[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , » Karya Seni Perangko

Karya Seni Perangko

Written By Tebe Sun on October 22, 2016 | October 22, 2016

Perangko Barong Bali
POSTING tentang perangko atau prangko ini mengingatkan saya zaman SMP dulu ketika saya sering berkirim surat pada teman yang jauh. Buat orang-orang tua dulu pasti kenal yang namanya perangko. Tetapi saya tidak terlalu yakin untuk anak muda zaman sekarang kenal perangko walau mungkin masih ada, barangkali itupun kenal lewat searching internet.

Dan itupun sekarang kalah dengan berkirim surat lewat pesan sms melalui telepon genggam. Yang memang mudah dan tidak memakan proses waktu yang lama. Tetapi tetap keindahan surat menyurat tidak akan pernah lupa sampai sekarang.


Terus terang sampai sekarang saya masih menyimpan koleksi perangko saya bahkan satu album sebagai kenangan Karya Seni Perangko. Saya menyukai perangko karena keindahan lukisan atau gambar berbagai macam binatang, bunga, keindahan alam, tokoh penting, peristiwa,  seni tari, dan berbagai macamnya yang tercantum dalam perangko. Bahkan dari berbagai negara dengan berbagai macam desain untuk sebuah perangko.

Sebenarnya apa itu perangko? Berdasarkan apa yang saya telusuri menurut Wikipedia, Prangko (Latin: franco) adalah secarik kertas berperekat sebagai bukti telah melakukan pembayaran untuk jasa layanan pos, seperti halnya mengirim surat. Prangko ditempelkan pada amplop, kartu pos, atau benda pos lainnya sebelum dikirim. Pembayaran menggunakan prangko menjadi cara pembayaran yang paling populer dibanding cara lain, seperti menggunakan aerogram.

Prangko pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 Mei 1840 di Britania Raya sebagai reformasi pos oleh Rowland Hill. Oleh karena itu sampai sekarang Britania Raya mendapat perlakuan khusus. Negara ini adalah satu-satunya negara yang tidak perlu mencantumkan nama negara di atas prangko (bukan "Perangko", kata ini resmi 1985 diseragamkan jadi Prangko oleh Richard Yani Susilo pada buletin Berita Filateli.

Saya yakin sampai sekarang masih ada yang berkirim surat dengan  menggunakan perangko. Karena memang untuk surat-surat tertentu masih menggunakan perangko.

Dibawah ini adalah beberapa koleksi perangko yang saya simpan sampai sekarang. Bahkan saya tuangkan di blog dulu yang tidak terurus sama saya, Anda bisa lihat disana.

Perangko Seri Binatang


Perangko Seri Binatang Perangko Seri Binatang Perangko Seri Binatang
Perangko Seri Binatang Perangko Seri Binatang Perangko Seri Binatang
Perangko Seri Binatang Perangko Seri Binatang Perangko Seri Binatang

Perangko Seri Seni Tari


Perangko Seni Tari Perangko Seni Tari Perangko Seni Tari
Perangko Seni Tari

Atau yang satu ini menggambarkan Satu Peristiwa yang terjadi di suatu negara.



Anda bisa lihat lukisan atau gambar Perangko Seri Binatang, Seri Seni Tari, atau Satu Peristiwa yang tertuang dalam perangko. Begitu indah sebagai suatu karya seni.

Demikian Karya Seni Perangko yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat & selamat berfilateli. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...