[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , » Beberapa Jenis Alat Musik Tradisional dari Bali

Beberapa Jenis Alat Musik Tradisional dari Bali

Written By Tebe Sun on October 27, 2016 | October 27, 2016

Beberapa waktu lalu saya sudah sampaikan Beberapa Jenis Tarian dari Bali Plus Video Tarian. Diantaranya Tari Baris, Tari Legong, Tari Barong, dan lain-lain. Kali ini saya sampaikan Beberapa Jenis Alat Musik Tradisional dari Bali. 

Tapi bukan soal tarian yang akan saya jelaskan melainkan alat musik pengiring tarian dari daerah Bali.

Beberapa Alat Musik Tradisional Bali

Gerantang

Gerantang merupakan alat musik tradisional dari Bali, terdiri atas beberapa bilah bambu yang dideretkan mendatar dan dimainkan dengan 2 buah alat pemukul semacam dengan Gambang alat musik khas Suku Jawa akan tetapi Gerantang menggunakan bambu. Dipakai dalam kegiatan gamelan kelentang atau angklung. Di Jawa Barat alat musik sejenis gerantang ini disebut calung.

Alat-Musik-Gerantang-Bali
Rindik

Rindik adalah salah satu alat musik tradisional Bali, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, alat tersebut dibuat dari susunan Bambu dengan nada-nada yang berbeda seperti halnya Piano, tetapi alat ini dipukul. Alat Rindik ini biasanya dipakai sebagai pelengkap untuk acara pernikahan atau resepsi.


Alat-Musik-Rindik-Bali

Pereret (Pengasih-asih)

Pereret adalah alat musik kuno sejenis trompet yang terbuat dari bahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi trompet. Pengasih-asih adalah guna-guna ( pelet ) sedangkan jodoh adalah pasangan yang layak sebagai suami atau istri.

Alat musik ini banyak dibuat di daerah Jembrana, Bali. Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati. Cara menggunakan Pereret ini adalah dengan meniup alat tersebut sehingga keluar suara yang sangat merdu dan menawan hati.


Alat-Musik-Pereret-Bali

Genggong

Genggong adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup, alat musik Genggong ini hampir sama dengan Harmonika. Hanya saja Genggong ini terbuat dari bahan Bambu, dan bentuknya juga agak sedikit unik jika dibandingkan dengan Harmonika.


Alat-Musik-Genggong_Bali
Ceng-ceng

Ceng-ceng adalah alat musik yang bentuknya menyerupai Symbal, memainkannyapun cukup dengan menepuknya seperti bertepuk tangan. Fungsi dari alat musik ceng-ceng ini adalah sebagai pengiring sebuah Upacara yang cukup besar yang disebut dengan Upacara Gerebek Aksara.
Alat-Musik-Ceng-ceng-Bali

Gamelan Bali

Gamelan Bali adalah salah satu jenis Gamelan yang ada di Indonésia. Gamelan ini memiliki perbedaan dengan gamelan jawa yaitu bentuk wilah (bilah pada saron) lebih tebal, bentuk pencon (bentuk gamelan seperti bonang) lebih banyak daripada wilah, ritme lebih cepat.

Alat-Musik-Gamelan-Bali

Demikian Beberapa Jenis Alat Musik Tradisional dari Bali yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...