[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , , » Tari Piring dari Sumatera Barat, Indonesia Plus Video Tarian

Tari Piring dari Sumatera Barat, Indonesia Plus Video Tarian

Written By Tebe Sun on September 11, 2016 | September 11, 2016

Tari Piring - Sumbar
Selain memiliki berbagai macam tarian yang memikat dan mempesona, Indonesia juga memiliki tarian yang berasal dari Sumatera Barat tepatnya tarian daerah Minang yaitu Tari Piring

Keelokan gerakan tari piring begitu memikat dimana gerak dan cerita penarinya menyerupai petani yang sedang bercocok tanam. Tari piring merupakan tarian nan memukau dan atraktif terlahir di sebuah daerah bernama Solok di Sumatera Barat.

Umumnya Masyarakat Minangkabau menyebut tari piring sebagai tari piriang. Awalnya tarian ini diiringi alat musik pukul gong dan rebana namun kini juga diiringi alat musik khas Minangkabau, yaitu talempong dan saluang. Talempong bentuknya menyerupai alat musik bonang (perangkat gamelan), cara memainkannya dengan dipukul.

Sedangkan saluang bentuknya seperti suling tetapi lebih sederhana. Kedua alat musik ini memiliki ritme yang cepat dan cocok untuk mengiring tari piring.

Sejarah tari piring awalnya digunakan sebagai simbol persembahan kepada para Dewa ketika musim panen tiba dalam bentuk sesaji dan makanan. Seiring penyebaran agama Islam di Minangkabau, tarian ini tidak lagi ditujukan sebagai persembahan namun digunakan sebagai atraksi dalam acara perkawinan. Selain itu, tari piring juga dimainkan  untuk penyambutan tamu, acara adat Minangkabau, festival budaya, bahkan sering ditampilkan saat acara perpisahan sekolah.

Dahulu, awalnya tari piring hanya dapat dinikmati oleh raja dan keluarganya. Seiring zaman, tarian ini tidak hanya dinikmati kalangan istana tetapi digunakan sebagai hiburan rakyat. Belum dapat dipastikan kapan tari piring mula tercipta tetapi beberapa sumber menyebutkan telah ada sejak 800 tahun yang lalu.

Tari piring dipercaya telah berkembang pada zaman Kerajaan Sriwijaya hingga kemunculan pengaruh Kerajaan Majapahit pada abad ke-16 telah mendorong tari piring berkembang ke negeri serumpun lainnya bersamaan dengan pelarian orang-orang dari Kerajaan Sriwijaya saat itu. Oleh karena itu, tarian ini tidak hanya ditemukan di Sumatera Barat, melainkan juga ke negara tetangga.

Pada awalnya tari piring hanya dimainkan satu orang saja tetapi seiring perkembangan, tarian ini kemudian dimainkan lebih dari satu orang. Uniknya, bila tarian ini dimainkan oleh masyarakat Minangkabau sendiri maka mereka memiliki syarat yakni jumlah penari harus ganjil. 

[Baca Juga: Beberapa Jenis Tarian dari Sumatera]

Tari piring tidak hanya dapat dimainkan oleh wanita, pria pun dapat memainkannya. Adapun warna kostum yang digunakan adalah perpaduan warna merah, kuning dan keemasan sehingga penari terlihat segar dan enerjik dengan balutan kostum tari yang cerah.

Ketika Anda menyaksikan tari piring dapat membuat anda tenggelam menikmati kejutan-kejutan gerakannya. Itu karena dalam tarian ini para penarinya meliuk-liukan tubuh dengan membawa piring di atas telapak tangan. Penari juga menggunakan cincin di kedua telapak tangannya sehingga muncul dentingan suara cincin pada piring tersebut.

Demo video Tari Piring.


Demikian sebagian besar penjelasan tenang Tari Piring dari Sumatera Barat, Indonesia Plus Video Tarian. Dan masih banyak lagi tarian yang berasal dari daerah Sumatera diantaranya: Tari Seudati dari Aceh, Tari Sekapur Sirih dari Jambi dan Riau, Tari Andun dari bengkulu, dan lain sebagainya. 
Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...