[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , , , » Tari Jaipong dari Jawa Barat, Indonesia Plus Video Tarian

Tari Jaipong dari Jawa Barat, Indonesia Plus Video Tarian

Written By Tebe Sun on September 10, 2016 | September 10, 2016

Tari Jaipong - Jabar
Salah satu seni tari yang terkenal di Indonesia terutama dari masyarakat Jawa Barat adalah Tari Jaipong. 

Tari Jaipong merupakan gabungan dari beberapa seni tradisional seperti pencak silat, wayang golek, ketuk tilu, dan lain-lain. Tarian ini sering ditampilkan di berbagai acara seperti hiburan, penyambutan tamu besar dan festival budaya.

Menurut sejarahnya, Tari Jaipong ini tarian yang diciptakan oleh seniman bernama H. Suanda dari Karawang. Tarian ini mulai populer tahun 1976 melalui media kaset dengan nama "Suanda Grup". Pada saat itu masih menggunakan instrumen sederhana sebagai pengiringnya seperti kendang, kecrek, gong, rebab, dan sinden. Melalui media kaset rekaman tersebut ternyata mendapat respon yang baik dari masyarakat Karawang sehingga tarian ini menjadi sarana hiburan bagi masyarakat disana.

Tarian Jaipong mulai diperkenalkan ke masyarakat Bandung oleh seniman bernama Gugum Gumbira, dengan tujuan mengembangkan tarian asal Karawang ini di Kota Bandung. Dengan terinspirasi dari berbagai kesenian sebelumnya seperti ketuk tilu, kliningan, dan juga tari ronggeng. Gugum Gumbira mengemas tarian tersebut menjadi pengembangan dari Tari Jaipong.

Pada pertunjukkannya, tarian ini biasa dimainkan oleh para penari secara perorangan, berpasangan atau berkelompok. Gerakan dalam tarian ini merupakan tarian atraktif dengan gerakan dinamis. Dengan gerakan dominan antara tangan, bahu, pinggul yang digerakkan secara lincah dan padu antara penari satu dengan penari lainnya yang dilakukan dengan formasi atau barisan secara berpindah-pindah . Sehingga menambah keindahan pada tarian tersebut. Dalam pertunjukan tari ini juga diiringi dengan alat musik seperti kendang, saron, kacapi, dan lain-lain.

[Baca Juga: Beberapa Jenis Tarian dari Jawa Barat]

Busana yang digunakan dalam tarian ini biasanya menggunakan kebaya berwarna cerah dan bawahan berupa kain bercorak atau motif batik. Dengan menggunakan ukuran longgar karena disesuaikan dengan gerak yang lincah dan dinamis. Pada bagian kepala menggunakan hiasan sanggul seperti mahkota juga bunga agar kelihatan cantik dan menarik penari nya. Dilengkapi dengan selendang untuk menambah keanggunan penari.

Dalam perkembangannya Tari Jaipong menjadi salah satu simbol kesenian masyarakat Jawa Barat. Seiring perkembangannya tarian ini telah dimodifikasi dengan berbagai kreasi gerakan dan juga kostum serta atribut yang digunakan. Sehingga terlihat menarik tetapi tidak meninggalkan keaslian tarian nya.

Demo video Tari Jaipong.


Selain Tari Jaipong diatas, Jawa Barat mempunyai beracam-macam tarian diantaranya: Tari Topeng, dari Cirebon, Tari Wayang, Tari Keurseus, dan masih banyak lagi.

Demikian saya sampaikan sedikit ulasan tentang Tari Jaipong dari Jawa Barat, Indonesia Plus Video Tarian. Saya bangga sebagai masyarakat Jawa Barat khususnya mempunyai tarian ini dan juga yang lainnya. Mari kita lestarikan tarian ini sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat berjoged. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...