[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , , , » Tari Gantar dari Kalimantan Timur, Indonesia

Tari Gantar dari Kalimantan Timur, Indonesia

Written By Tebe Sun on September 10, 2016 | September 10, 2016

Tari Gantar - Kaltim
Salah satu tarian tradisional lainnya yang terkenal di Indonesia yang berasal dari Kalimantan tepatnya Kalimantan Timur adalah Tari Gantar.

Tari Gantar adalah tarian pergaulan para muda mudi yang berasal dari suku Dayak Benuaq dan Dayak Tanjung di Kalimantan timur. Dalam tarian Gantar (kata Gantar dalam Bahasa Sunda artinya sama dengan Bambu) ini penari menggunakan sebuah tongkat dan bambu pendek sebagai properti menarinya.

Tarian ini menggambarkan ekspresi kegembiraan para penari dan juga keramahan masyarakat Dayak dalam penyambutan tamu. Tarian ini sering di fungsikan untuk penyambutan para tamu atau wisatawan yang hadir dalam acara adat Kalimantan timur.

Asal usul dari tarian ini masih belum diketahui pastinya. Namun banyak versi yang menceritakan asal mula dari tarian ini. Ada yang mengatakan bahwa tarian ini dulunya di laksanakan pada upacara tanam padi adat Dayak. Sebuah tongkat panjang yang di gunakan dalam menari berfungsi untuk melubangi tanah. Sedangkan bambu yang pendek di gunakan untuk menaburkan benih pada lubang tersebut.

[Baca Juga: Beberapa Jenis Tarian dari Kalimantan]

Dalam tarian ini penari juga menghentakkan kakinya, ini menggambarkan cara menutup lubang yang sudah di taburkan benih tadi. Para penari menari dengan bergembira dengan harapan hasil panennya akan berlimpah ruah hasilnya.

Ada lagi versi lain yang menyebutkan bahwa Tari Gantar dulunya dilakukan untuk menyambut para pahlawan yang pulang dari medan perang yang di lakukan oleh para gadis remaja suku Dayak. Dalam versi ini tongkat panjang yang di gunakan adalah sumpit (senjata tradisional Dayak) yang dihiasi kepala atau tengkorak musuh yang dibawa pulang oleh para pahlawan. 

Bambu kecil yang di gunakan merupakan penyeimbang gerakan tarian tersebut. Selain itu ada pula yang mengatakan bahwa tarian Gantar ini berawal dari legenda dewa yang di percaya masyarakat suku Dayak di Kalimantan Timur.

Demikian kurang dan lebihnya Tari Gantar dari Kalimantan Timur, Indonesia, yang saya sampaikan. Selain Tari Gantar masih banyak lagi dari daerah Kalimantan diantaranya: Tari Manang, Tari Serumpai, Tari Leleng, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

1 comments:

Tebe Sun said...

Pak Justan@ Maksih Pak dah mampir & infonya.

loading...