[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , » Beberapa Jenis Tarian dari Papua

Beberapa Jenis Tarian dari Papua

Written By Tebe Sun on September 9, 2016 | September 09, 2016

Dari ujung Indonesia yaitu Provinsi Papua, disana juga banyak sekali jenis tarian dan alat musik sebagai pengiring tarian. Langsung saja kita cek apa saja jenis tarian yang mereka punya.

Jenis-jenis Tarian dari Papua

Tari Yospan

Tari Yospan adalah sejenis tarian pergaulan muda-mudi di Papua. Tarian ini muncul sekitar tahun 1960 dan bahkan pernah populer dan dipergunakan sebagai gerak pada senam kesehatan jasmani.

Tari Yospan

Tari Perang

Tari Perang adalah salah satu nama tarian yang berasal dari Papua Barat. Tari Perang adalah tari yang melambangkan kepahlawanan dan kegagahan rakyat Papua. Tarian ini biasanya dibawakan oleh masyarakat pegunungan. Digelar ketika kepala suku memerintahkan untuk berperang, karena tarian ini mampu mengobarkan semangat.

Tari perang termasuk dalam tarian grup, bahkan bisa menjadi tarian kolosal. Tidak ada batasan jumlah penari. Tetapi seperti pada umumnya tarian di Papua, tari perang pun diringi tifa dan alat musik lainnya, yang menjadi pembeda adalah lantunan lagu-lagu perang pembangkit semangat. Para penari biasanya mengenakan busana tradisional, seperti manik-manik penghias dada, rok yang terbuat dari akar, dan daun-daun yang disisipkan pada tubuh menjadi bukti kecintaan masyarakat Papua pada alam.


Tari Perang

Tari Musyoh

Tari Musyoh adalah tari tradisional Papua yang merupakan tarian sakral suku adat yang ada di Papua yang bertujuan untuk menenangkan arwah suku adat papua yang meninggal karena kecelakaan. Suku adat Papua tersebut mempercayai bahwa apabila ada yang meninggal karena kecelakaan, maka arwahnya tidak tenang, sehingga dilakukanlah tarian sakral ini (Tari Musyoh) untuk menenangkan arwah orang yang kecelakaan tersebut.

Pementasan Tari Musyoh diiringi permainan alat musik tradisional Papua yaitu Tifa.


Tari Musyoh

Tari Sajojo

Tari Sajojo juga sejenis tarian pergaulan berbagai suku adat di Papua. Tarian ini sudah cukup terkenal sebagai tarian penyambut tamu yang sering dipertunjukan dalam acara penyambutan tamu maupun acara lainnya.

Para penari sajojo menari dengan cara melompat dan menghentak-hentakkan kakinya. Berbagai alat musik tradisional Papua seperti tifa juga dipergunakan untuk mengiringi tari sajojo ini.

Tari Sajojo ini mulai terkenal sekitar tahun 1990. Bahkan sejak saat itu, tarian ini banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tarian yang dinamis ini memang bisa dilakukan oleh semua orang. Dalam perkembangannya musik pengiring tari sajojo ini makin berkembang bahkan diantaranya sudah menggunakan musik modern yang banyak dikenal masyarakat. Tarian ini kerap diiringi lagu daerah Papua,  Sajojo. Lagu Sajojo ini menceritakan tentang gadis cantik papua yang menjadi idola di kampungnya.


Tari Sajojo

Tari Suanggi

Tari Suanggi  berasal dari Papua Barat. Tarian ini mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian). Dari sekian banyak karya seni budaya di nusantara ini, masih sedikit referensi atau catatan yang merincikannya dengan detail, di antaranya adalah tentang keberadaan tari Suanggi. Jika kita lihat dari deskripsinya, tari suanggi adalah bentuk ekspresi masyarakat Papua Barat tentang kekentalan nuansa magis di daerah Papua Barat, Beberapa tarian di Papua, cenderung terkesan berawal dari gerakan ritual dan upacara keagamaan. Seperti halnya  tari suanggi.

Tarian semacam ini biasanya berawal dari ritual, seperti tari perang, tarian dukun untuk menyembuhkan atau mengusir penyakit. Karl Jaspers menyebut pengalaman-pengalaman yang bisa memunculkan krisis eksistensi ini sebagai situasi batas, dan di antaranya yang paling penting ialah pengalaman menghadapi peristiwa kematian.


Tari Suanggi


[Baca Juga : Beberapa Jenis Tarian dari Jawa Barat]

Demikian saya sampaikan tentang Beberapa Jenis Tarian dari Papua. Dan masih banyak lagi yang belum saya sebutkan. Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...