[_] Galeri Seni (Click image for more information)

                                                                                                                                                                                                                              
Home » , , , » Beberapa Jenis Tarian dari Kalimantan

Beberapa Jenis Tarian dari Kalimantan

Written By Tebe Sun on September 9, 2016 | September 09, 2016

Dari wilayah Kalimantan Timur tidak banyak yang saya sampaikan, hanya beberapa saja jenis tarinya. Walaupun masih banyak lagi jenis tari dari berbagai daerah di wilayah Kalimantan Timur. Diantaranya:

Jenis-jenis Tarian dari Kalimantan
Tari Leleng

Untuk Tari Leleng ini menggambarkan tentang seorang gadis yang bernama Utan Along. Cerita dibalik tari leleng mengenai seorang gadis yang dinikahi secara paksa oleh kedua orangtuanya dengan seorang pemuda yang tidak pernah dicintai oleh Utan Along. Hingga akhirnya gadis tersebut lebih memilih untuk kabur dari rumah dan melarikan diri kedalam hutan. Tarian Leleng ini diiringi dengan nyanyian lagu Leleng sebagai lantunan musiknya.

Tari Leleng

Tari Serumpai

Tarian Serumpai ini merupakan tarian dari suku Dayak Benuaq. Penggambarannya hampir sama dengan tari Monong atau tari Manang yang berhubungan dengan penyakit. Bedanya tarian ini untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit oleh anjing gila. Disebut sebagai tari Serumpai karena pada tarian ini menggunakan alat musik yang bernama Serumpai yaitu sejenis suling dari bambu sebagai musik pengiring dari tarian Serumpai ini.


Tari Serumpai

[Baca Juga:


Tari Manang

Tari Manang merupakan tari penyembuhan yang terdapat  pada seluruh masyarakat Dayak. Tari ini berfungsi sebagai penolak/penyembuh/penangkal penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali. Tarian ini merupakan bagian dari upacara adat Balian.


Tari Manang

Tari Gantar

Tari Gantar adalah tarian pergaulan para muda mudi yang berasal dari suku Dayak Benuaq dan Dayak Tanjung di Kalimantan timur. Dalam tarian Gantar (kata Gantar dalam Bahasa Sunda artinya sama dengan Bambu) ini penari menggunakan sebuah tongkat dan bambu pendek sebagai properti menarinya.


Tari Gantar

Demikian saya sampaikan tentang Beberapa Jenis Tarian dari Kalimantan saya sampaikan, dan masih banyak lagi yang belum saya sebutkan. Semoga bermanfaat. (tebesunarya.com).*

0 comments:

loading...